Prakata

Program Studi S1 Pendidikan Kimia didirikan, sebagai wujud komitmen Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS), dalam mengelola pendidikan. UNIMUS meruapakan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), telah ikut mengambil peran dan memberikan kontribusinya dalam memajukan bangsa ini. Rentang satu abad, Muhammadiyah telah menunjukkan peran sertanya dalam membangun bangsa.

Prodi S1 Pendidikan Kimia, terinspirasi oleh kebesaran Muhammadiyah sebagai gerakan TAJDID (pembaharu) dan LIGHTENING (pencerahan), dan menuliskannya dalam tinta hitam sebagai motto yaitu “Inspiring Chemistry Teacher”. Motto ini sengaja diangkat, karena prodi Pendidikan Kimia UNIMUS, sangat berharap lulusan yang dihasilkan mampu menginspirasi peserta didiknya. Untuk menjadi inspirator, sudah barang tentu membutuhkan pembimbingan dan pengarahan dari tenaga pengajar pada prodi pendidikan Kimia UNIMUS dengan prinsip “Man Jadda Wa Jadda”. Realisasi motto di atas, tertuang dalam nilai mutu Prodi Pendidikan Kimia UNMUS, yaitu: mewujudkan sistem pendidikan bagi tenaga pendidik kimia yang profesional, berkarakter, berbasis entrepreneurship kimia, berkapasitas penelitian dan berwawasan Internasional. Secara rinci visi di atas, terpetakan dalam kurikulum yang dibangun oleh prodi Pendidikan Kimia UNIMUS.

Berdasarkan hasil pelacakan lulusan prodi studi pendidikan Kimia dari perguruan tinggi lainnya, diperkuat data analisis SWOT dan didukung visi serta misi program studi diperoleh profil lulusan yang berharap. Rumusan profil lulusan yang ditetapkan oleh progdi Pendidikan Kimia UNIMUS, adalah sebagai berikut: 1) Pendidik Kimia; 2) Peneliti; 3) entrepreneur; 4) Pendidik Lingkungan;