9 BEKAL MAHASISWA SUPAYA UNGGUL DAN CEPAT KERJA

Kondisi lulusan SMA/MA/SMK terkini
Menjadi mahasiswa dan kuliah di kampus PTN adalah sebuah impian oleh banyak lulusan SMA/MA/SMK. Namun, tidak semua lulusan tertampung di kampus PTN, namun sisanya ada di kampus swasta. Mahasiswa baik dikampus swasta dan negeri sebenarnya memeliki kesempatan yang sama dalam menyiapkan diri menjadi mahasiswa unggul.

Oleh karena itu sebagai mahasiswa di swasta dan negeri dapat mempersiapkan hal-hal berikut. Beberapa hal ini sering diabaikan oleh para mahasiswa sejak SMA/MA/SMK
1. Minta selalu doa Orang Tua
2. Pilihlah program studi sesuai passion Anda
3. Yakinkan passion Anda tepat 
4. Pilihlah Unit kegiatan Mahasiswa sesuai passion Anda
5. Tetapkan target capaian kuliah Anda
6. Perbanyak relasi
7. Asah kertrampilan Anda
8. Ikuti berbagai jenis perlombaan
9. Kaitkan skirpsi atau tugas akhir Anda dengan topik perlombaan/Kompetisi
10. Ingat, wisuda itu enaknya hanya 2 hari


Ikuti Group Sharing Kuliah Sukses

Ok, kita bahas satu persatu ya.
1. Minta selalu doa Orang Tua
Ridho seorang anak ada pada kedua orang tuanya, jika kedua orang tua ridho, inshaAllah ilmunya    berkah.

Ok, shobat, sebelum Anda membaca no.2, silahkan simak video berikut ini dahulu.

2. Pilihlah program studi sesuai passion Anda

Masih banyak temen-temen yang memilih program studi karena mengikuti teman, atau pilihan orang tua. Sejatinya setiap anak memiliki kecerdasan masing-masing, sehingga sebaiknya untuk memilih prodi, kita perlu tahu bidang minat Anda dan passion pada bidang apa?. Ingat yaa ada  menurut 9 jenis kecerdasan manusia.Tokoh teori kecerdasan majemuk atau multiple intelligences, Howard Gardner menjelaskan jenis-jenis kecerdasan:

NAT       = Naturalist
(Kecerdasan Naturalis adalah kemampuan untuk menghargai alam dan merasakan minat yang kuat dalam melestarikan lingkungan kita. Peserta didik dalam kategori ini menikmati: hiking dan berkemah, membantu merawat hewan dan tumbuhan, suka berada di luar ruangan dan percaya bahwa daur ulang adalah metode penting untuk melestarikan kehidupan di planet kita.)

Possible careers: biologist, botanist, gardener, landscape architect, DNR/Park ranger, farmer, vet, outfitter, travel guide, naturalist.

MU  = Musical
(Musical / Rhythmic Intelligence adalah kemampuan untuk menghasilkan dan menghargai musik. Pembelajar musik ini “berpikir” dalam bunyi, ritme, dan pola. Keahlian mereka meliputi: menyanyi, bersiul, memainkan alat musik, mengenali pola, membuat musik, dan mengingat melodi.)

Possible careers: composer, conductor, musicican, singer, sensitive listener, disc jockey.

L-M  = Logical-Mathematical
(Kecerdasan Logis atau Matematika adalah kemampuan untuk menggunakan alasan, logika dan angka. Peserta didik ini berpikir dalam pola-pola yang membuat hubungan antar informasi. Pembelajar tipe ini mengajukan banyak pertanyaan dan suka melakukan eksperimen.)

Possible careers: scientist, engineer, computer programmer, mathematician, detective, Secret Service

NTER     = Interpersonal
(Kecerdasan Interpersonal. Pembelajar ini mencoba melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain agar dapat dimengerti. Mereka kerap memiliki kemampuan untuk peka terhadap perasaan, keras dan memiliki dorongan yang kuat. Mereka menggunakan bahasa verbal (berbicara) dan non-verbal (kontak mata, bahasa tubuh) untuk berkomunikasi. Keahlian mereka meliputi: mendengarkan, empati, bekerja dengan kelompok, membangun kepercayaan, dan menyelesaikan konflik secara damai.)
Possible careers: counsellor, sales, business owner, real estate agent.

B-K         = Bodily-Kinesthetic
(Kecerdasan Kinestetik adalah kemampuan untuk mengendalikan gerakan tubuh dan menangani objek dengan terampil. Para pembelajar ini mengekspresikan diri mereka melalui gerakan. Dengan berinteraksi dengan ruang di sekitar mereka, mereka dapat mengingat dan memproses informasi yang mereka dapat. Keahlian mereka meliputi: koordinasi fisik, kerajinan tangan, akting, dan menggunakan tangan mereka untuk membuat atau membangun.)

Possible careers: athlete, phy.ed.teacher, dancer, actor, firefighter, policeman, surgeon.

LIN         = Linguistic
(Kecerdasan Verbal atau Linguistik adalah kemampuan untuk menggunakan kata dan bahasa. Peserta didik ini memiliki keterampilan pendengaran yang sangat baik dan umumnya merupakan pembicara yang sangat baik. Mereka berpikir dalam “kata-kata” daripada “gambar”. Keterampilan mereka termasuk mendengarkan, berbicara, menulis, bercerita, mengajar, menggunakan humor, memahami makna atau kata-kata, mengingat informasi dan meyakinkan seseorang dari sudut pandang mereka.)

Possible career interests: journalist, author, movie script writer, teacher, lawyer, politician, translator, public speaker.

NTRA     = Intrapersonal
(Kecerdasan Intrapersonal adalah kemampuan untuk merefleksikan diri dan menyadari “keadaan batin seseorang”. Para pembelajar ini mencoba memahami perasaan batin, mimpi, dan hubungan mereka dengan orang lain. Keahlian mereka meliputi: mengenali kekuatan dan kelemahan mereka sendiri, merefleksikan dan menganalisis diri mereka sendiri, kesadaran akan keinginan dan impian mereka, mengevaluasi pola berpikir mereka, bernalar dengan diri mereka sendiri, serta memahami peran mereka dalam hubungan dengan orang lain.)

Possible careers: social science researcher, theorist, philosopher, spiritual leader, psychologist.

SP           = Spatial
(Kecerdasan Visual atau Spasial adalah kemampuan untuk memahami sesuatu. Pembelajar ini cenderung berpikir dalam “gambar” dan perlu membuat gambar mental yang jelas untuk menyimpan informasi. Mereka menikmati melihat peta, bagan, gambar, video dan film. Keahlian mereka meliputi: membangun puzzle, membaca, menulis, memahami diagram dan grafik, rasa arah yang baik, membuat sketsa, melukis, membuat metafora dan analogi visual, memanipulasi gambar, membangun, memperbaiki, merancang objek praktis, menafsirkan gambar visual.)

Possible careers: pilot, navigator, sculptor, visual artist, inventor, architect, interior designer, mechanic, engineer, sailor, commercial or residential painter.

Jika Anda belum mengetahui passion Anda, silahkan coba link berikut ini.


Cari tau passion saya

3. Yakinkan passion Anda tepat
Mengetahui passion atu minat bakat tidak hanya dari tes semata, namun sebaiknya didukung dengan menguji di lapangan dan mintalah pendapat orang lain, apakah saya pada bidang X, memiiki kelebihan. Selain itu, Anda juga perlu mencoba hal-hal yang berkaitan dengan passion Anda. Jika memang sudah sesuai, dapat dilanjutkan menjadi bagian pemilihan prodi.
Misalnya: Mahasiswa X ingin menjadi seorang guru, maka Anda perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, interpersonal baik, selain itu logika-matematiknya juga cukup.

4. Pilihlah Unit kegiatan Mahasiswa sesuai passion Anda
Unit kegiatan mahasiswa(UKM) merupakah salah satu wadah untuk mecurahkan minat bakat mahasiswa. Oleh karena itu pilihlah UKM yang sesuai dengan Anda, namun jika di kampus belum menyediakan UKM yang terkait Anda dapat mencari komunitas di luar kampus. Hal ini memiliki keuntungan untuk memastika passion Anda tepat dan dapat berkembang dari waktu ke waktu.

5. Tetapkan target capaian kuliah Anda
tulisa target anda dan pasang di kamar Anda, sehingga setiap saat Anda dapat melihatnya. Kelebihan target yang ditulis adalah, tulisan ini dapat terus mengingatkan Anda, meski Anda sedang dalam permasalah lain yang membuat Anda pesimis.

6. Perbanyak relasi atau pertemanan
Teman atau relasi sangatlah penting bagi seorang mahasiswa. Apalagi jika nanti Anda lulus kuliah, relasi menjadi sangat terasa. Baik dalam mencari lapangan kerja, menciptakan pekerjaan atau wirausaha. Salah satu cara memperbanyak relasi yaitu mengikuti kegiatan dalam kampus atau luar kampus. Misalnya perlombaan, seminar, workshop, kegiatan pengabdian kepada masyarakat, komunitas atau kegiatan keagamaan.

7. Asah kertrampilan Anda
Ketrampilan atau skill menjadi hal penting dalam dunia kerja. Tentunya akan lebih baik, skill atau ketrampilan yang ada asah sesuai dengan passion Anda. Misalnya: skill desain, MC, Mencari sponsorship, lobby ke instansi, dll

8. Ikuti berbagai jenis perlombaan
Perlombaan merupakan salahs atu bagian mengolah diri untuk terjun di masyarakat. Beberapa manfaat mengikuti perlombaan: mendapat prestasi, rekam jejak ada, menambah relasii, mengembangkan ide-ide kreatif, memperluas jangkauan, mendapatkan modal, dan sekaligus ide-ide dapat disinkronkan dengan skripsi, sehingga dapat memacu percepatan proses skripsi( kebijakan kamus berbeda.

9. Ingat, wisuda itu enaknya hanya 2 hari
Ingat, wisudah itu enaknya hanya dua hari. Hari pertama saat persiapan, dan hari H saat wisuda. Setelah itu mahasiswa harus berfikir kembali, apa yang akan Anda lakukan selepas lulus kuliah? sehingga Anda perlu merencanakan perkuliahan dengan baik.

Jika Anda, mengalami berbagai permasalahan perkuliahan, kalian dapat bergabung dalam group “sharing Kuliah Sukses”


Ikuti Group Sharing Kuliah Sukses